Rabu, 22 Januari 2014

semua tentang paper quilling

Pengertian dan Sejarah Paper Quilling



Apakah itu Paper Quilling?
Paper quilling adalah seni menggulung kertas, hasil gulungan tersebut dirangkai sedemikian rupa sehingga menghasilkan bentuk yang menawan. Di Indonesia sendiri Paper Quilling sudah cukup populer, tetapi belum sepenuhnya menyebar.
Berbicara sejarah, ini saya dapatkan informasi tentang sejarahnya.
Seni menggulung kertas telah dikenal di Eropa sejak abad ke-17 dahulu namanya adalah paper filigree atau roll work. Di negara Perancis dan Italia pada masa itu, seni paper quilling ini digunalan oleh para biarawan untuk menghiasi ornamen yang bersifat keagamaan.
Sedangkan di Inggris, seni ini terkenal pada zaman Victorian, masa Raja George III. Saat itu, putri raja sangat menggemari seni ini sehingga ia dikenal dengan roll work-nya. Putri tsb rajin memberi hadiah kepada teman²nya berupa benda² yang telah diberi hiasan paper filigree. Hadiah pemberiannya yang paling terkenal, yaitu kotak perhiasan.
Dari Eropa, seni ini berkembang ke benua Amerika. Penggunaannya tidak lagi terbatas pada ornamen² religius, tetapi mulai digunakan untuk menghiasi bermacam benda, seperti kotak perhiasan, perabotan, baki, & tatakan gelas.
Pada pertengahan abad ke-20, seni menggulung kertas ini mulai dikenal oleh masyarakat luas dengan nama paper quilling.  Keindahannya telah membuat pecinta seni & craft mengembangkannya dengan design yg indah & menjadikannya hiasan untuk kartu, pigura, dll. Di Indonesia, seni ini mulai meluas. Awalnya memang tidak begitu populer karena terbatasnya kertas siap pakai dalam beberapa ukuran dengan warna yang terbatas sehingga hanya bergantung pada kertas impor. Namun, sekarang sudah tersedia kertas lokal dalam berbagai ukuran & warna yang sangat menarik.




Alat dan Bahan

Alat dan bahan utama untuk membuat kerajinan kertas paper quilling diantaranya adalah sebagai berikut :

  1. Kertas quilling (kertas dengan ukuran kecil memanjang) biasanya ukuran 3-6 mm. Kertas ini tersedia dalam bentuk jadi yang sudah dikemas atau kita bisa menggunakan kertas A4 warna dengan berat 80 gram. Kertas A4 tersebut lebih tipis daripada kertas khusus quilling yang tersedia di pasaran, akan tetapi tetap bisa digunakan, apalagi untuk pemula yang baru belajar membuat paper quilling karena harga kertas khusus quilling relatif mahal. Kertas A4 tersebut bisa kita potong dengan menggunakan cutter sesuai dengan ukuran yang diinginkan (3-6 mm atau lebih).
  2.  Jarum quilling , jarum yang mempunyai celah diujungnya yang berfungsi untuk menjepit kertas pada saat memulai membuat gulungan kertas. Jarum ini untuk mempermudah dalam membuat gulungan kertas sehingga lebih rapi. Tetapi alat ini tidak mutlak harus digunakan karena kita bisa menggantinya dengan lidi atau sekedar memulai gulungannya dengan jari. Untuk mempermudah dalam membuat gulungan kertas ini terlebih dahulu tipiskan bagian ujungnya dengan kuku sehingga bisa melengkung dan lebih mudah untuk menggulungnya.
  3. Quilling mate , sama halnya dengan jarum quilling, alat ini juga tidak mutlak diperlukan. Alat ini berbentuk papan plastik dengan lubang-lubang yang bervariasi diameternya. Digunakan untuk mencetak hasil dari gulungan kertas yang kita buat agar ukurannya bisa seragam jika kita membuatnya dalam jumlah banyak.
  4. Lem kertas , lem kertas digunakan untuk merekatkan ujung gulungan-gulungan kertas yang telah kita buat atau pun untuk merekatkannya pada media yang akan kita hias (kartu, scrapbook, kotak hadiah, dll).


Membuat Aneka Kreasi Cantik dan Unik dengan Paper Quilling

berkreasi-paper-quillingBerkreasi itu merupakan kegiatan menyenangkan. Terutama di waktu senggang untuk mengisi waktu agar tidak terbuang sia-sia. Nilai manfaatnya juga sangat besar. Selain bisa mengembangkan kreativitas dan ketrampilan, juga bisa bernilai bisnis untuk tambahan pemasukan keluarga.

Salah satu kreasi menarik yang kini digemari ialah membuat aksesoris cantik dengan paper quilling. Selain mudah, bahan-bahannya pun tidak mahal dan tidak sulit mendapatkannya. Yang diperlukan hanya sedikit ketelitian dan imajinasi dalam menggulung dan merekatnya sesuai bentuk yang direncanakan, misalnya bentuk binatang, pensil, bingkai, atau kotak hiasan.

Berikut ini kami berikan contoh membuat kreasi paper quilling berbentuk kelinci.

Ukuran kertas:
Telinga   : 0.5 x 30 cm, lubang penggaris no. 15, 2 lembar.
Kepala   : 1 cm x 180 cm, 1 lembar.
Hidung   : 0.2 x 21 cm, 1 lembar.
Badan    : 0.5 x 90 cm, 2 lembar.
Tangan  : 0.5 x 15 cm, lubang penggaris no. 11, 2 lembar.
Kaki       : 0.5 x 7.5 cm, lubang penggaris no. 8, 2 lembar.
Ekor       : 0.5 x 10 cm, 1 lembar.

kelinci-paper-quiling
Cara membuat:
1. Buat bagian kepala kelinci: telinga, hidung, dan kepala.
2. Tempelkan telinga, hidung, dan mata di kepala.
3. Buat badan kelinci: tangan, kaki, perut, dan ekor. Rangkai dan rekatkan.
4. Rekatkan bagian kepala ke badan kelinci.
5. Tempelkan ekor kelinci.

Gimana, sudah punya bayangan cara membuatnya? Jika Anda masih merasa kesulitan, Anda bisa mendapatkan seluruh kelengkapan teknik membuat aneka kreasi di dalam buku “Berkreasi denan Paper Quilling” karya Stephani ini.

Di dalam buku terbitan DeMedia Pustaka ini dijelaskan lebih dari 20 teknik pembuatan aneka kreasi cantik dan unik dengan paper quilling secara step by step dengan gambar berwarna. Misalnya, membuat burung ungu, gagak, ayam, beruang, kucing, singa, kartu ucapan, gantungan pintu nama, hiasan telur, tas kertas, dan hanger pintu.

Selain itu, dilengkapi pula dengan daftar serta penjelasan peralatan dan bahan untuk membuat paper quilling. Dan, contoh-contoh berbagai teknik pembentukan dasar yang bisa diaplikasikan dengan bentuk-bentuk kreasi yang diinginkan.

Selamat mencoba!



Sumber : 
 http://simplequilling.blogspot.com/2013/01/sejarah-paper-quilling.html
 http://kertasgulung.blogspot.com/p/alat-dan-bahan-paper-quilling.html
 http://www.demediapustaka.com/16-buku/review/186-membuat-aneka-kreasi-cantik-dan-unik-dengan-paper-quilling

10 komentar:

  1. wah terimakasih infonya. btw kalo pake kertas buffalo apa bisa? trims :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa sih bisa, hanya saja krna kertasnya yg terlalu tebal, jadinya ketika membuat gulungan longgar, ada bekas gulungan di sepanjang gulungan yg awal... Cmiiw...

      Hapus
  2. beli peralatan paper quiling yang lengkap dimana ya mbak ??
    mohon infonya yaa.. thanks

    BalasHapus
    Balasan
    1. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
    2. Sekarang sudah banyak yg jual, baik di toko online, maupun offline... Online spt ol* atau tokoped**. Kalo offline bisa di Gramed** atau TG* bookstore...

      Hapus
  3. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  4. hi mba agritia salam kenal dari quillacraft.blogspot.com
    quiller bandung :)

    BalasHapus
  5. Kak kertasnya pake hvs warna yg tipis apa yg biasanya buat pembatas apa bukan?

    BalasHapus